Mengatasi Sony Vaio startup lambat Windows 10

Saya memiliki laptop yang sudah agak lama yaitu Sony Vaio VPCCA16FG yang aslinya menggunakan OS Windows 7. Kemudian untuk mengikuti perkembangan saya upgrade ke Windows 10 karena speknya memang lumayan tinggi sudah menggunakan Intel core i7, dual graphics AMD Radeon dan Intel, RAM 8GB.


Setelah diupgrade ke Windows 10 dan semua driver untuk devicenya lengkap tanpa masalah, akan tetapi setiap kali restart, atau setelah laptop dimatikan, pada saat dihidupkan kembali, ketika loading setelah muncul logo vaio kemudian layar menjadi gelap dan harus menunggu lebih dari satu menit untuk kemudian melanjutkan ke proses startup Windows

Tidak hanya pada saat loading awal, setelah Windows siap digunakan, untuk aplikasi umum seperti office tidak ada masalah, normal seperti biasa, akan tetapi untuk aplikasi yang agak berat seperti Adobe Premiere barulah terasa bermasalah dengan graphicsnya.

Setelah googling  ternyata memang untuk laptop-lptop yang memiliki dual graphics, setelah upgrade ke Windows 10 ada saja masalahnya.


Untuk masalah saya di atas tadi akhirnya ketemu solusinya.
Untuk anda yang memiliki masalah yang sama barangkali dapat diikuti solusinya.

1. Yakinkan semua devices, drivernya benar dan tidak bermasalah terutama untuk driver Graphicsnya.
2. Kalau driver-drivernya sudah benar,  masuk ke Registry Editor (Windows+R, kemudian ketik Regedit, klik OK atau tekan enter)



3. Setelah muncul jendela Registry editor, cari key (Dword)  EnableUlps



4. Kalau sudah ketemu, dobel klik pada EnableUlps kemudian ganti/ubah nilainya dari 1 ke 0.





5. Tekan F3 untuk melanjutkan pencarian, dan kalau menemukan lagi DWORD EnableUlps ganti kembali nilainya dari 1 ke 0 seperti pada langkah sebelumnya.

6. Kalau sudah diganti nilainya dari 1 ke 0 untuk semua DWORD EnableUlpsnya, restart computer dan lihat hasilnya.

Itu tadi untuk solusi permasalahan di laptop saya. loading awal menjadi normal, juga aplikasi Adobe Premiere Pro CC juga berjalan normal sekarang.





No comments:

Post a Comment