Mengatasi HP Fujitsu yang tidak bisa Internet

Kalau anda baru saja memiliki Smartphone Android Fujitsu, kemudian setelah dipasangkan SIM card dan kemudian anda mengaktifkan data internetnya, akan tetapi setelah ditunggu beberapa saat internetnya tetap mati.. apakah ada masalah?, 'jangan-jangan smartphonenya rusak', begitu mungkin yang terlintas dalam benak anda.

Smartphone Fujitsunya tidak bermasalah, cuma agak berbeda dengan smartphone-smartphone yang umum/biasa kita pakai,  yang setelah dipasang SIM card, dihidupkan data Internetnya maka kemudian smartphone  akan langsung dapat terhubung ke Internet, karena APNnya (Access Point Name) langsung diisi secara otomatis.
Berbeda pada smartphone Fujitsu misalnya seri F03H, F02H dll, Untuk terhubung ke Internet melalui mobile data, pada smartphone Fujitsu ini kita harus mengeset APNnya secara manual.

Untuk Setting APN di smartphone Fujitsu.. (menu untuk settingnya sama dengan Android pada umumnya).

1. Masuk ke menu Settings
2. Pilih tampilan List (atau tampilan tile juga bisa, sama saja, hanya untuk memudahkan saja dalam postingan ini)


3. Pilih More





4. Pilih Cellular networks



5. Pilih Access Point Names



6. Tap pada tanda + untuk mulai input nama APN.



7. Isi nama APN ( disesuaikan dengan nama operator sesuai SIM card yang anda gunakan, googling  untuk setting nama APN disesuaikan dengan operator yang anda pakai).
Contoh berikut untuk APN operator tri.


8. Kalau sudah diisi, pilih Save/simpan dari menu yang berada di sebelah kanan atas.
9. Kemudian aktifkan APN dengan menyentuh tanda bulatan/lingkaran kecil di sebelah kanan nama APN sehingga menjadi berwarna biru (tanda aktif), dari yang tadinya berwarna abu-abu.


10. Kalau sudah muncul ikon 4G atau 3G di sebelah tampilan sinyal operator (di system & status bar) itu  berarti bahwa data sudah aktif.