Cara merekam suara yang keluar dari PC / laptop

Cara save atau menyimpan suara yang keluar dari speaker komputer/laptop.

Misalnya anda tertarik ingin merekam suara-suara atau sound effect dari suatu game baik itu game offline ataupun online, ingin merekam suara dari streaming audio atau video, dari program/aplikasi, atau suara apapun, pokoknya suara yang keluar dari soundcard laptop atau komputer yang sedang anda jalankan. Anda dapat melakukan capture/merekam audio yang diinginkan tersebut dengan cara yang mudah.

Di komputer Windows, Windows 7, Windows 8, Windows 10, kalau aplikasi bernama Sound recorder atau voice recorder (atau aplikasi sound recorder/editor pihak ke tiga) kita jalankan dan lakukan perekaman, maka suara yang terekam adalah suara dari microphone saja, karena secara default recording device terhubung ke microphone.

Supaya dapat merekam suara yang keluar dari speaker seperti yang dimaksud di awal tadi caranya yaitu dengan mengubah default recording device dari Microphone ke Stereo Mix

Dengan mengubah default recording device ke Stereo Mix maka ketika anda menjalankan aplikasi Sound recorder atau voice recorder, atau menggunakan aplikasi pihak ke 3 (misal: Audacity, Wave audio, dll) input audio yang akan direkam bukan dari microphone lagi, akan tetapi dari Stereo Mix yaitu suara yang sedang diproses  oleh soudcard. Dengan begitu suara dari game, aplikasi, video dan lain-lain menjadi input audio yang akan direkam.


Cara mengubah default recording device dari Microphone ke Stereo Mix :

1. Di sudut kanan bawah cari ikon speaker, klik kanan kalau sudah ketemu.
2. Klik pada Sound atau Recording devices (ada perbedaan tampilan antara Windows 10, Windows 8, dan Windows 7), kemudian akan muncul jendela Sound.


3. Pada tab Recording, pilih Stereo Mix kemudian di bagian bawahnya pilih Set Default. Kemudian klik Apply / klik OK.



Kalau Stereo Mixnya tidak muncul, klik kanan pada area kosong masih di jendela Sound, kemudian beri ceklist pada Show Disabled Devices dan pada Show Disconnected Devices.


Kalau masih belum muncul juga Stereo Mix-nya mugkin ada masalah dengan driver audio/soundcardnya, coba update drivernya.


4. Untuk mencobanya silakan jalankan file video, buka game atau buka Youtube. (tentunya pilih yang ada suara atau musiknya).
5. Kemudian jalankan aplikasi Sound Recorder (Windows 7) atau Voice Recorder (Windows 10), dan kemudian  klik tombol Record untuk mulai merekam. Tekan Stop Recording untuk menghentikan. Silakan dicek hasil rekaman filenya.



6. Untuk mengatur volume recording, pada langkah 3 dilanjutkan dengan klik Properties, kemudian pilih tab Levels, kemudian atur volumenya.