Latest Posts

Mengatasi laptop start Windows lambat setelah upgrade ke Windows 10

By 07:17

Beberapa saat yang lalu ada pengalaman yang sangat membingungakan dengan laptop saya setelah diupgrade ke Windows 10, lambat pada saat start awal.  Setelah tombol power  dihidupkan ada proses loading Windows sebentar,  kemudian layar gelap dan terhenti, blank, tidak ada aktifitas di indikator/LED hardisk. Setelah menunggu hampir 2 menit barulah proses loading Windows berlanjut.

Berbagai kemungkinan saya coba, Instal ulang hingga ganti hardisk, tukar RAM dari laptop lain yang tidak bermasalah. Juga semua driver untuk hardwarenya sudah benar, tetapi masih tetap bermasalah pada saat start awal yaitu ada jeda yang memakan waktu lama.



Akhirnya penyebabnya ketemu juga dan sekarang laptop sudah normal kembali, tidak lagi ada masalah jeda ketika loading Windows.

Laptop saya memiliki 2 Display Adapter yaitu AMD Radeon 6600 dan Intel HD Graphics, tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi, yang pasti ada setting ULPS di Regedit yang katanya untuk mengatur power saving pada VGA card. mungkin proses pengaturan power statenya tidak berjalan denga mulus, sehingga memakan waktu lama pada saat loading awal Windows. yang saya lakukan adalah dengan mendisable ULPS (Ultra Low Power State) tersebut pada Registri Editor.

Cara Disable ULPS :
1. Masuk ke Registry Editor
Tekan Windows+R kemudian ketik Regedit klik OK atau tekan Enter.


2. Setelah muncul jendela Registry Editor, tekan tombol Ctrl+F untuk masuk ke pencarian.
3. Kemudian ketikkan 'EnableUlps' (tanpa tanda petik) pada kolom pencarian , kemudian klik  Find Next.




4. Tunggu beberapa saat (di laptop saya agak lama muncul hasil pencariannya sekitar 2 menit). Setelah muncul hasil pencarian yaitu dword EnableUlps, dobel klik atau klik kanan kemudian pilih Modify..



5. Ganti nilai yang tadinya 1 menjadi 0. kemudian klik OK



6. Keluar dari Registry Editor, kemudian restart laptop.

You Might Also Like

No comments: