Cara Remote Desktop Windows menggunakan Ubuntu

Remote Desktop Windows menggunakan Ubuntu Linux.


Remote Desktop adalah akses ke komputer lain secara remote, yang tampilan di layarnya (layar yang meremote) sama persis dengan tampilan komputer yang diremote.

Untuk melakukan Remote Desktop komputer Windows menggunakan komputer dengan OS Ubuntu :

1. Masing-masing komputer harus terhubung satu sama lain melalui jaringan LAN atau  melalui Wifi. (kalau di rumah anda sudah ada internet Wifi berarti komputer sudah dapat saling terhubung, tanpa harus setting LAN, IP address, dll).

2. Di komputer Windows yang akan diremote harus dibuka akses untuk remote desktopnya, contoh untuk membuka akses remote desktop pada Windows server 2016 dapat dilihat di posting berikut. Untuk setting Windows 10 dapat dilihat disini, Untuk Windows yang lain (Windows 8, WIndows 7 dll,) pada prinsipnya sama saja, cuma tampilannya saja agak berbeda.

3. Akses Remote desktop di Windows Firewall harus dibuka.
Contoh untuk setting Firewall di Windows 8 atau Windows 10 ketik Allow an app through Windows firewall di kolom search.
Setelah muncul halaman Allowed apps and features, kemudian cari Remote Desktop, dan beri centang/ceklis supaya Akses remote desktopnya tidak diblok


4. Cek IP address / alamat IP komputer Windows, yang nantinya alamat IP ini akan digunakan untuk memanggil/mengakses dari komputer yang digunakan untuk meremote (langkah 6).
Contoh untuk mengetahui IP address dapat dilihat pada postingan berikut.


Sekarang kita beralih ke komputer Ubuntu (saya menggunakan Ubuntu 16.04 LTS) sebagai komputer client yang akan dipakai untuk meremote. Kita akan menjalankan Aplikasi untuk remote desktop yaitu  Remmina Remote Desktop Client yang ada pada Ubuntu.


5. Pilih ikon Search your computer, kemudian ketikkan Remmina, maka App Remmina Remote desktop akan muncul, klik untuk menjalankan.



 6. Setelah App Remmina muncul, untuk memulai koneksi masukkan IP address atau nama komputer dari komputer Windows  yang akan diremote (langkah 4), kemudian klik Connect. kemudian masukkan username dan passwordnya.

Atau anda bisa buat profile terlebih dahulu dengan menekan menu New, kemudian isi nama profile, Pada kolom server diisi dengan IP address atau nama komputer, username dan password, kemudian simpan.

(Kalau DNS servicenya tidak aktif maka tidak akan dapat menggunakan nama komputer, hanya menggunakan IP address saja yang bisa. Kalau anda konek ke wifi internet, berarti DNS aktif jadi dapat menggunakan nama komputer).




Remote Desktop Windows server 2016 menggunakan Ubuntu

Artikel Terkait