Latest Posts

Memperbaiki Adaptor Laptop Universal

By 10:51 ,

Saya mempunyai beberapa laptop lama yang adaptornya hilang entah kemana, kemudian saat itu memutuskan untuk membeli  adaptor laptop universal, agar bisa dipakai kemana-mana, Maksudnya satu adaptor bisa dipakai ke semua merek, 
Tinggal mengganti dan menyesuaikan colokan listrik yang ke laptopnya kemudian menyesuaikan tegangan outputnya (ada selektor switch untuk memilih tergangan listrik output DC).

Tentu saja ketahanan adaptor ini tidak sebagus adaptor bawaan laptop yang orisinil. karena harga adaptor universal ini jauh lebih murah, jadi saya maklumi ketika baru setahun pemakaian adaptor  ini sudah rusak, karena pemakaiannya sering dan juga harus melayani laptop dengan tegangan yang berbeda-beda.

Sebelum diputuskan untuk dibuang, saya coba untuk membuka casingnya barangkali kerusakannya ringan dan bisa diperbaiki sendiri. Dan ternyata benar, kerusakannya langsung ketemu yaitu ada solderan di salah satu IC Power yang rapuh/pecah. Hal ini biasa terjadi pada pada circuit board dengan tegangan atau arus tinggi, atau karena panas berlebih.

Perbaikannya hanya dengan menyolder ulang/menimpa solderan yang pecah tadi, tentunya dengan menggunakan alat solder dan timahnya.

Barangkali teman-teman ada kesamaan kasus dengan adaptor laptop universalnya,  jangan dulu dibuang!, siapa tahu disebabkan oleh hal yang sama seperti dengan yang saya alami, karena perbaikannya sangat mudah.

Lengkapnya yang saya lsayakan :

 Lepaskan/copot kabel power input (kabel colokan ke listrik).
 Buka skrup pengunci casing menggunakan obeng

Letak sekrup untuk membuka casing

 Buka casing penutup dengan cara mencongkelnya, dapat menggunakan obeng minus yang berukuran agak besar.

Yang ditunjukkan oleh tanda panah adalah solderan yang pecah pada kaki IC powernya.
tidak terlalu kelihatan, tapi kalau dizoom sangat jelas sekali 



Pantas saja adaptor tidak berfungsi, karena setelah dizoom penampakannya seperti berikut ini:

Penampakan Solderan pada adaptor notebook universal yang rusak setelah diperbesar 50X
 Perbaikannya disolder ulang



 Setelah yakin solderan bagus, tutup kembali penutup casing, pasang dan kencangkan sekrupnya.



Barangkali teman-tema ada kesamaan kasus, bisa dicoba.

catatan:
Penyebab kerusakan bisa berbeda-beda, bisa komponennya yang rusak/terbakar. Tetapi untuk yang berhubungan dengan voltage regulator (adaptor masuk dalam katagori voltage regulator), sering karena hanya solderan yang pecah/terbakar pada kaki komponen power utamanya..



You Might Also Like

No comments: